Kamis, 03 Maret 2011

Persahabatan

   by : yulviandini harpan

                                           LIVE IS NOTHING WITHOUT FRIENDSHIP

 persahabatan adalah bentuk hubungan antara individu satu dengan yang lain secara lebih mendalam (dekat). persahabatan pasti dimiliki oleh setiap individu di dunia baik dari anak anak hingga dewasa, terutama di kalangan remaja. persahabatan tidak mungkin kita elakkan dari hidup kita karna setiap kita pasti melakukan interaksi (hubungan) antar individu lain perasaan akrab, dekat dan tertarik pada individu itu pasti ada hal itu lah yang membuat kita menjalin persahabatan.
   persahabatan sangat penting dalam hidup kita karna akan membuat kita merasa tidak terasingkan dan merasa nyaman bila berada di dekat lingkungan yang belum kita ketahui, persahabatan dapat membuka wawasan kita dengan kita banyak mengenal karakter karakter yang berbeda dari setiap individu di dunia. persahabatan yang terjalin pada diri kita akan membawa dampak yang positif dan negatif pada diri kita. dampak positifnya seperti :
* meningkatkan rasa sosialisme, solidaritas, menyayangi dan meghargai
* meningkatkan rasa peduli terhadap sesama
* tempat saling berbagi (sharing)
* dapat memecahkan masalah secara musyawarah
* penunjang semangat dalam menjalani hidup
namun dibalik itu semua hubungan persahabatan dapat membawa kita pada sisi yang negatif seperti :
* terjadinya perkelahian antar sahabat
* bila kita menjalin persahabatan pasti akan terjadi sebuah "geng". geng ini sebenarnya tidak baik untuk kita karna akan membuat kita menjadi individu yang monoton, maksudnya kita hanya mau bergaul dengan orang itu saja dan tidak mau membuka/melakukan hubungan dengan individu lain. dan itu sangat tidak baik kita ikuti dalam pergaulan kita.
* adanya kekerasan
* kita juga harus hati hati dengan persahabatn yang hanya memanfaat kan kita saja seperti : mereka hanya dad di saat kita merasa suka tapi di saat duka mereka malah banyak yang menjauh dari kita, dengan berbagai alasan yang tidak jelas.
* sahabat yang hanya morotin uang kita
   hal hal seperti itu banyak terjadi dalam hubungan persahabatan kita terutama di kalangan remaja, untuk itu jalinlah persahabatan dengan siapa saja (sebanyak mungkin) agar bila kita merasa dikhianati kita masih ada sahabat yang lain. dan pilih lah sahabat yang bisa membimbing kita ke jalan yang benar dan selalu ada untuk kita dalam keadaan apapun baik susah atau pun suka.

1 komentar: